-->

Merman Gian

The Real Life Merman Of Indonesia

Monday, 29 November 2010

Teknik Analisis Data

Data yang diperoleh selanjutnya diolah dan dianalisa dengan teknik kuantitatif, dengan formulasi perhitungan secara statistik sebagai berikut :
1.Untuk mengukur keterampilan mengajar guru (variabel X) dan mengukur pelaksanaan program pengajaran (variabel Y) digunakan rumus rata-rata (mean) yaitu :
M =
Dimana :
M = Angka rata-rata (mean) yang dicari
X = Totak skor masing-masing item
N = Subyek/number item of cases (Anas, 1990 : 76 )
Untuk menginterprestasikan angka rata-rata (N) yang diperoleh, digunakan kriteria penilaian tersendiri dengan terlebih dahulu menentukan angka interval (i), dengan rumus sebagai berikut :

i =
Skor Tertinggi – Skor Terendah
Jarak Pengukuran
(Sutrisno Hadi, 1984 : 12)
i = Interval yang dicari
Skor tertinggi = 3 (karena item angket 3 option)
Skor terendah = 1 (skor terkecil opsi)
Skor pengukuran = 3 (jumlah opsi angket)
Dengan demikian maka jarak interval dapat ditentukan sebagai berikut :
= 0,66
Berdasarkan interval 0,66 tersebut disusun kriteria sebagai berikut :
.
Tabel 3.1
Kriteria Penilaian Skor
Interval angka mean
Kualifikasi
2,34 – 3,00
1,67 – 2,33
1,00 – 1,66
Tinggi
Sedang
Rendah
2.Untuk mengetahui hubungan variabel X dengan variabel Y digunakan rumus product moment sebagai berikut :
Keterangan :
= Indeks korelasi yang dicari
= Jumlah skor X dan skor Y
= Jumlah skor variabel X
= Jumlah skor variabel Y
= Jumlah hasil pengkuadratan skor X
= Jumlah hasil pengkuadratan skor Y ( Bambang soepono, 1997 : 51 )
Hasil yang diperoleh dari perhitungan akan dikonsultasikan dengan angka kritik (rtabel) product moment, dimana jika ternyata :
”rxy > rtabel” berarti Hipotesis kerja (Hk) diterima atau jika
”rxy <>tabel
” berarti Hipotesis nihil (Hn) diterima dan Hk ditolak.

0 Komentar Teknik Analisis Data

Post a Comment

Back To Top